Kamis, 05 April 2012

Cara menanam cabe di pot

CARA MENANAM CABE DI POT - Awal mula ide menulis cara menanam cabe di pot terinspirasi himbauan menteri pertanian. Pada tahun 2011 yang lalu rakyat indonesia pernah dihimbau oleh menteri pertanian untuk menanam cabe dalam pot, karena pada saat itu harga cabe seperti tidak bisa dikendalikan sampai naik dalam level yang berat dari jangkauan rakyat kecil macam saya ini.Nah yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana cara menanam cabe dalam pot. Mengenai cara menanam cabe dalam pot ikuti langkahnya sebagai berikut :
  1. Siapkan benih cabe, beli di toko pertanian sesuai jenis yang anda inginkan.
  2. Semai benih cabe pada nampan plastik yang bagian bawahnya telah diberi lubang drainase di bagian bawah .
    CARA MENANAM CABE DI POT
    Media yang digunakan pasir, tanah dan kompos dengan perbadingan sama dan dicampur rata  Basahi media dengan air dan tebarkan biji tanaman cabai secara merata. Atur penyebarannya jangan terlalu rapat. Letakkan persemaian di tempat yang terlindung dari guyuran air hujan dan sinar matahari langsung. Jaga agar kondisi persemaian tidak sampai kering dengan melakukan penyiraman 1-2 kali/hari dengan menggunakan handsprayer. Pindahkan ke pot  setelah cabe tumbuh 4 helai daun
  3. Pot untuk menanam bibit cabe yang sudah siap diisi dengan media tanah,sekam dan kompos. Buat lubang tanam di pot dengan menggunakan ibu jari anda atau dengan kayu. Tanam bibit tanaman cabe di lubang yang telah dibuat dan timbun akar tanaman dengan tanah. Dan padatkan media tanamnya sehingga bibit cukup kokoh posisinya. Setelah itu siram dengan air dan tempatkan pot ditempat yang cukup sinar matahari.
  4. rawat tanaman cabe dengan penyiraman yang teratur dan hati-hati
  5. lakukan penyemprotan pupuk daun atau pestisida bila diperlukan
  6. Pewiwilan yaitu membuang tunas air dibawah cabang pertama dan bunga I dan II setelah cabang pertama dan cabang selanjutnya dipelihara.
Selamat mencoba MENANAM CABE DI POT mudah-mudahan sukses dan selamat makan cabe sepuasnya...he..he..he

1 komentar: